03 March, 2012

Dua Hal Penghambat Kesuksesan Pendidikan Karakter


Informasi ini saya baca dari salah satu surat kabar Indonesia. Sebelum menjelaskan 2 hal apa saja yang menjadi penghambat kesuksesan pendidikan karakter. Tentunya kita perlu mengetahui apa yang dimaksud dengan pendidikan karakter ? Pendidikan karakter adalah pendidikan yang tidak hanya sekedar berfokus membentuk anak dalam hal akademis tetapi juga agar anak dapat berperilaku baik.

Ada 2 hal penghambat kesuksesan pendidikan karakter, yaitu:

1. Video game yang bergenre kekerasan

Anak yang kecanduan dengan jenis permainan ini bisa gagal menerima pendidikan karakter yang diberikan sekolah. Video game akan menyebabkan addict. Ada anak yang bunuh bapaknya karena tidak boleh main game di Cina. Bahkan di Indonesia sendiri, ada sejumlah pasien yang menggemari video game sampai dirawat di rumah sakit ketergantungan obat (RSKO). Karena sampai melakukan kekerasan terhadap orang lain sehingga membuat kondisi moral anak menjadi tidak baik. Si anak seperti kecanduan oleh narkotika.

2. Perilaku tidak baik orang tua

Dengan berbagai alasan apa pun tidak dibenarkan apabila orangtua memukul anaknya. Karena dengan perilaku tersebut dapat membuat anak menjadi tertekan.

Dan pendidikan karakter tidak akan berhasil selama dua hal ini masih terjadi.

Ada tiga hal dalam pendidikan karakter yang harus ditanamkan, yakni :

1. Kesadaran sebagai makhluk Yang Maha Kuasa.

2. Keilmuan dan kecintaan.

3. Kebanggaan terhadap Tanah Air.

No comments:

Post a Comment