16 December, 2011

PrimoPDF

Dibawah ini merupakan ringkasan mengenai PrimoPDF yang saya dapatkan dari berbagai sumber dari internet.

Saat ini PDF merupakan standart umum untuk membuat file e-book, sharing file dokumen dan keperluan file dokumen lainnya. Banyak software yang dapat kita gunakan untuk membuat file PDF baik itu yang free maupun yang berbayar. Salah satu software yang dapat kita gunakan untuk membuat file PDF adalah PrimoPDF.

PrimoPDF adalah software untuk membuat dokumen PDF secara gratis dan mudah. Karena saat ini file yang berformat PDF sangat banyak di dunia maya, dan sudah menjadi dokumen standar yang dapat diandalkan dalam hal keamanannya. Sebagian besar dokumen yang disertakan dalam email untuk kelengkapan data, biasanya disertakan dalam pdf. Untuk menghasilkan dokumen dalam format pdf sudah banyak software yang tersedia secara gratis.
Untuk mebuat file PDF kita hanya perlu menggunakan aplikasi dengan fasilitas print langsung ke format PDF. Jadi jika aplikasi tersebut menyertakan fasilitas print ( biasanya menu File > print ), maka dapat dihasilkan dokumen dalam format pdf.

Primo PDF adalah software alternatif untuk bisa membuka file berekstensi PDF. Selain itu, software ini dapat membuat file dalam bentuk PDF dengan kualitas tinggi dari dokumen Word atau Excel. Software ini juga mampu mengubah format file berekstensi lain menjadi PDF atau sebaliknya dengan bantuan perintah print (print command).


Primo PDF versi terbaru saat ini sudah mencapai release 4. Software ini telah mengalami beberapa penyempurnaan fitr yang ada dari release sebelumnya. Fitur terbaru Primo PDF dapat mengirim file melalui akses internet melalui fitur "attach file". Sistem Operasi yang dibutuhkan untuk dapat mengoperasikan Primo PDF adalah Window 98, Me, NT, 2000, XP,atau Vista.


Penggunaan
aplikasi PrimoPDF sangat mudah. Anda hanya perlu mendownload software PrimoPDF dari official website PrimoPDF kemudian menginstallnya di perangkat komputer anda. PrimoPDF akan muncul di daftar device dari printer perangkat komputer yang anda pakai. Dengan PrimoPDF, anda dapat merubah semua dokumen dari program apapun ke PDF, hanya perlu memilih PrimoPDF saat anda melakukan print/cetak.

PrimoPDf bersifat gratis alias opensource. Aplikasi ini juga diinstal untuk mendapatkan fasilitasnya yaitu sebagai virtual printer. Sehingga anda dapat mencetak file yang berformat PDF. Seperti cutePDF, primoPDF juga gratis dan tanpa pesan iklan.


Keunggulan :

1. Fasilitas untuk mengoptimalkan hasil untuk screen (prioritas utama untuk dibaca), print (standard laser printer), ebook, dan prepress.

2. Menambah keamanan dengan enkripsi 40- or 128-bit.

3. Manambah Informasi dokumen (title, author, subject, keywords) di dokumen yang dihasilkan.

4. Mendukung Double byte character.

5. Mendukung non-TrueType fonts.

6. Kemampuan untuk menggabung atau menambahkan PDF ketika konversi.


Kelebihan :

1. File instalasinya kecil sehingga ringan dan tidak terlalu memakan banyak space memory.

2. PrimoPDF merupakan aplikasi gratis.

3. Dikhususkan untuk konversi file ke bentuk PDF yang akan mempermudah anda saat membuat e-book, dokumen atau untuk attachment dari sebuah email.

4. Penggunaanya yang sangat mudah membuatnya jadi pilihan yang menarik untuk anda download.

Keterbatasan :

Salah satu kekurangan Primo sejauh ini, tidak bisa dipakai untuk print pdf ukuran besar misalnya page Ao.



No comments:

Post a Comment