24 October, 2011

Berkenalan Dengan Visual Basic

A. Mengenal Microsoft Visual Basic 6.0
Microsoft Visual Basic adalah sebuah aplikasi yang digunakan untuk pengembangan dengan memanfaatkan keistimewaan konsep-konsep antar muka grafis dalam Microsoft Windows. Aplikasi yang dihasilkan Visual Basic berkaitan erat dengan windows itu sendiri sehingga dibutuhkan pengetahuan bagaimana cara kerja windows.

B. Pemrograman Event Driven
Pemrograman event driven adalah bagaimana menentukan event yang harus ditangani lebih lanjut. Saat bekerja dengan windows banyak sekali event yang muncul, namun hanya event tertentu yang harus diproses, yaitu yang berhubungan dengan aplikasi.
Pemrograman event driven tidak mencoba menggantikan pemrograman prosedural, namun melengkapi dengan kerangka yang dapat membedakan antara user interface dan proses tertentu dalam aplikasi. Visual Basic dan aplikasi event driven lainnya menyediakan kerangka tersebut sehingga programer lebih terkonsentrasi pada masalah aplikasinya.

C. Memahami Objek
Istilah objek telah sedikit berubah sejak diperkenalkan pertama kali dalam pemrograman objek. Kata objek sekarang digunakan lebih bebas karena banyak aplikasi yang menggunakan istilah ini untuk menyatakan diri sebagai aplikasi berorientasi objek.

D. Pengertian Objek
Definisi dari sebuah objek adalah suatu yang dapat melakukan hal-hal tertentu. Di dalam Visual Basic contoh dari objek misalnya, Command Button, Label, List Box, Check Box, dan lain-lain. Objek adalah komponen-komponen yang membuat aplikasi.

E. Pembuatan Objek
Pemrograman Visual merupakan dimensi baru dalam pembuatan aplikasi karena dapat langsung menggambarkan objek-objek ke layar sebelum di eksekusi. Dalam lingkungan pengembangan Visual, sekarang objek yang Anda buat dapat langsung di tampilkan di layar. Objek yang dibuat tersebut akan sama hasilnya pada saat program di jalankan, dengan demikian Anda tidak perlu lagi melakukan pengubahan kode program secara manual. Setelah objek di letakkan dalam form, maka semua atribut objek tersebut akan disimpan sebagai suatu kode program yang dapat langsung dijalankan.

F. Property
Selain memiliki kemampuan untuk menanggapi Event, objek memiliki property. Dalam property antara lain didapatkan informasi mengenai warna, tinggi, lebar dan posisi sebuah objek. Nilai pada tiap property dapat mempengaruhi cara objek ditampilkan atau cara objek bekerja.
Bagi sebuah objek property mirip dengan variabel lokal dalam prosedur. Property langsung berkaitan dengan objek dan digunakan oleh proses-proses yang ada dalam objek.

G. Event
Semua aplikasi Windows memakai metode event driven untuk mengelola interaksi antar program dan pemakainya. Semua event yang muncul ditimbulkan oleh pemakai atau oleh suatu aplikasi dalam sistem windows sendiri. Kebanyakan kode program yang akan Anda tulis dalam Visual Basic digunakan untuk menangani event dari pemakai atau dari sistem. Dalam Visual Basic prosedur untuk menangani event disebut sebagai prosedur penanganan event (event handle).

H. Menjalankan Visual Basic 6.0
Untuk menjalankan program Visual Basic dari Windows Xp, pilih Start, All Program kemudian pilih group Visual Basic 6.0, dan selanjutnya Anda double klik Icon Visual Basic 6.0, kemudian akan ditampilkan tampilan pembuka Visual Basic 6.0.

sumber : Visual Basic, Taryana Suryana, Graha Ilmu, 2009

No comments:

Post a Comment