02 November, 2011

Definisi & Pengertian Sistem Informasi Manajemen

  1. SIM (Sistem Informasi Manajemen), adalah sebuah sistem manusia / mesin yang terpadu untuk menyajikan informasi guna mendukung fungsi operasi, manajemen dan pengambilan keputusan dalam sebuah organisasi.
  2. Konsep sistem manusia / mesin dapat diartikan bahwa sebagian tugas sebaiknya dilaksanakan oleh manusia dan tugas lainnya lebih baik dilakukan oleh mesin. Perancangan sebuah sistem informasi manajemen harus memahami kemampuan manusia sebagai pengolah informasi dan perilaku manusia dalam pengambilan keputusan.
  3. Sistem yang terpadu (integrated) adalah sistem yang mengharuskan adanya integrasi antara data dan pengolahan. Integrasi data dicapai melalui "database" yang terdiri dari semua data yang dapat dijangkau oleh sistem.
  4. Pengolahan transaksi pada sistem-sistem mutakhir membutuhkan pengumpulan data dan permintaan informasi secara "online". Kemampuan memperoleh informasi secara online tersebut sangat besar peranannya dalam mendukung operasi. Jadi setiap petugas yang berwenang dapat memperoleh jawaban langsung atas suatu permintaan informasi.
  5. Data yang dibutuhkan tidak cukup bila hanya berupa data mentah saja, tetapi harus diolah dan disajikan sedemikian rupa sehingga dapat digunakan untuk membuat keputusan.
sumber : Konsep Teknologi Informasi - C

No comments:

Post a Comment